anak bangsa berbagi cerita

Blog ini adalah blog bagi kita yang ingin berbagi cerita....khusus blog ini tidak menerima cerita yang bernuansa pornografi...ini blog yg khusus menceritakan kehidupan kita sehari-hari...

Selasa, 26 Februari 2008

Cerita Kita tentang Perkembangan ekonomi

PEMIKIRAN EKONOMI MASA PRA-KLASIK

A. MASA YUNANI KUNO

– Masa Yunani Kuno kata ekonomi = 'oikos' dan 'nomos' yg artinya pengaturan/pengelolahan rumah tangga.
– Pemikiran tentang ekonomi masih menjadi bagian dari filsafat moral.

Plato (427-347) in “Respublica”
• Gagasan Plto tentang Ekonomi bersumber dari pemikirannya tentang keadilan.
• Merumuskan tentang pembagian kerja
1. Penguasa (kaum Filsuf/bangsawan/kaum aristokrat)
2. Tentara
3. Pekerja
• Hanya Kaum pekerja yg boleh bekerja, sedangkan penguasa dan tentara harus bekerja demi negara tidak boleh bekerja demi harta, agar mereka dpat mengabdi dengan serius kpd negara.
• Pembagian dan pengaturan ini penting demi mengekang nafsu/naluri manusia demi terciptannya adil dan makmur.
• Teori plato tentang uang di bukunya “Politica”. Uang sebagai alat tukar, sebagai alat ukur nilai, juga alat penimbun kekayaan dan uang bersifat mandul dan sekaligus tidak berhak di kembangkan dan diperanakan (bunga).

Aristippus
• Pengagas paham Hedonisme.
• Paham Hedonisme merupakan cikal bakal paham materialistik yang kemudian dikembangkan pada abad ke 17 dan 18.
• Paham hedonisme merupakan materialisme mekanik yang menganggap kenikmatan egiostik sebagai tujuan akhir kehidupan manusia. Yang kemudian diperkuat Aristtipus dengan pernyataan bahwa manusia bijaksana adalah manusia yang mencari kenikmatan sebesar2nya didunia.

Aristoteles (384-322 SM)
• Oran pertama yang mengatakan pembahasan ekonomi adalah bidang sendiri dan tdk dikait2kan dengan bidang lainnya.
• Kontribusinya pada pemikiran tentang pertukaran barang dan kegunaan uang. Menurutnya kebutuhan manusia (man's need) tidak terlalu banyak, tetapi keinginannya (man's desire) relatif tanpa batas.
• Aristoteles membedakan antara kegunaan (use) dan keuntungan (gain). Lebih spesipik dia membedakan antara oeconomia (ilmu ekonomi) dan chrematistike...????
• Aristoteles setuju dengan oeconomia yang secara tegas dia mengatakan bahwa pedagang2 yg dtang kekota2 yg mengekploitasi petani meskin didesa, inilah yang perbedaan pendapat antara aristoteles dan adam smith dalam melihat perdagangan. Kalau aristoteles mengatakan kaum pedagang haruslah melakukan pedagangan dengan motif faedah bukan mengeruk keuntungan, sedangkan smith mengatakan sebaliknya.

B. PEMIKIRAN KAUM SKOLASTIK (ZAMAN PERTENGAHAN)
Pemikiran ini muncul dilatar blakangi oleh kuatnya hubungan ekonomi dng masalah etis serta besarnya perhatian thd masalah keadilian dan pemikiran kaum skolatik dipengaruhi oleh pemikiran2 gereja pada saat itu.

Albertus Magnus (1206-1280)
• Pemikirannya tentang “harga adil dan pantas”.
Dan pengikuutnya st Thomas Aquinas (1225-1274)
• Pemikirannya di pengaruhi oleh Albertus Magnus, Aristoteles dan Gereja.
• Dalam bukunya Summa Theologica Aquinas menjelaskan bahwa memungut bunga dari uang yang dipinjamkan adalah tidak adil dan ini sama seperti menjual sesuatu yang tidak ada.

C. ERA MERKANTILISME
– Penjelajahan Samudera” adalah abad dimana banyak ditemukan daerah-daerah baru juga jalur-jalur pelayaran baru menuju dunia timur untuk mencari rempah-rempah. penjelajahan ini dilakukan oleh dua negara Eropa yaitu Portugal dan Spanyol. Motif penjelajahan ini yaitu: Gold (Emas, ini disebabkan karena berkurangnya persediaan emas di Iberia, selain itu juga karena saat itu Eropa menganut sistem ekonomi Merkantilisme yang menentukan kaya tidaknya suatu negara lewat persediaan emasnya), Glory, Gospel.
– Selain 3 penyebab tersebut, jatuhnya Konstantinopel ke tangan Turki Utsmani juga makin mendorong mereka untuk mencari rempah-rempah sendiri. Mereka yang asalnya berdangang di sana pada saat itu hanya mau berdagang paling jauh di Italia (Genoa, Venesia, dll). Saat itu Paus membagi dunia yang saat itu dianggap datar menjadi 2 bagian dengan “Perjanjian Tordesillas”. Perjanjian Tordesilllas (Bahasa Portugis: Tratado de Tordesilhas, Bahasa Spanyol: Tratado de Tordesillas) pada 7 Juni 1494 yang membagi dunia di luar Eropa menjadi duopoli eksklusif antara Spanyol dan Portugal sepanjang suatu meridian 1550 km sebelah barat kepulauan Tanjung Verde (lepas pantai barat Afrika), sekitar 39°53'BB. Wilayah sebelah timur dimiliki oleh Portugis dan sebelah barat oleh Spanyol.
– Istilah merkantilisme berasal dri kata “merchant” yang berarti pedagang menurut paham merkantilisme, setiap negara yang berkeinginan untuk maju harus melakukan perdagangan dengan negara lain.
– Sebagian orng menganggap era merkentilisme merupakan era kebijaksanaan ekonomi terutama tentang sistem perdagangan yang dipraktikan antara tahun 1500 hingga 1750 dan bukan sebagai aliran/ mahzab ekonomi.
– Paham merkantilisme banyak dianut oleh banyak negara2 eropa pada abad ke 16, seperti Inggris, belanda, portugis, spanyol, dan prancis.
– Masa merkantilisme disebut sebagai masanya pedagang yang dintadai sebagai tiap2 orang menjadi ahli ekonomi bagi dirinya sendiri. Tulisan2 ini berserakan, akan tetapi akan menjadi rujukan utama Adam Smith dalam menyusun “The Wealth Of Nation”.
– Karena perdagangan dilakukan antar negara, maka sumber kekayaan negara melalui surplus pedagangan luar negeri yg diterima dalam bentuk emas dan perak. Dan kekayaan yang diterima ini jugalah sumber kekuasaan, tidak heran bahwa pada waktu itu banyak saudagar2 bukan hanya dari saudara dekat raja tetapi juga saudagar yg bekerjasama dengan kerajaan maka kebijakan yang paling umum diambil bahwa memperluas ekspor dan mempersempit impor.
– Tokoh2 era merkantilisme : Jean Boudin (1530-1596), Thomas Mun/saudagar kaya dari Inggris (1571-1641), Jean Babtis Colbert/pejabat negara sebagai menteri ekonomi di jaman raja Luis XIV sekaligus saudagar prancis ( 1619-1983), Sir William Petty/dosen pengajar di Oxford Univesity dan dijuluki salah satu founding pemikiran ekonomi politik modern (1623-1687).

D. MAHZAB FISIOKRAT
– Berbeda dengan kaum merkantilisme, kaum fisiokrat menganggap bahwa sumber kekayaan yang senyata-nyatanya adalah sumber daya alam.
– Kaum ini dinamakan kaum physiocratism = physic (alam) dan cratain atau cratos (kekuasaan). Kaum fisiokrat percaya bahwa alam diciptakan oleh Tuhan penuh keselarasan dan keharmonisan.
– Kaum fisiokrat menganggap bahwa sistem perekonomian seperti sistem alam yang penuh keharmonian. Yang artinya bahwa biarkan manusia diberikan kebebasannya mengelolah alam demi memenuhi kebutuhannya masing2 dan akan selaras dengan kebutuhan masyarakat banyak.
– Artinya bahwa pemerintah tidak boleh ikut campur dan biarkan alam yang mengatur. Inilah yang menjadi cikal bakal doktrin laissez faire-laissez passer” / let do, let pass = biarkan semua terjadi, biarkan semua berlalu.

Francis Quesnay (1694-1774)
• Seorang dokter ahli ilmu bedah.
• Pada tahun 1758 Quesnay menulis buku tentang Table Economique, dengan latar belakang seorang dokter Quesnay menyususn teori ekonomi lainya anatomi tubuh manusia, yg artinya antara satu dengan satu lainnya saling berhubungan dan merupakan satu kestuan yg harmonis dan semua berjalan dengan hukum2nya sendiri.
• Francis Quesnay membagi masyarakat dalam empat golongan.
Golongan 1 adalah golongan masyarakt produktif yang mengelolah tanah pertambangan dan pertanian.
Golongan 2 adalah kelas tuan tanah.
Golongan 3 adalah kelas yang tidak produktif yg terdiri dari pengrajin dan saudagar.
Golongan 4 adalah kelas masyarakat buruh yg menerima upah dari tenaganya.
• Penjelasan : Bagi Quesnay hokum ekonomi berkesuaian dengan hokum alam, dan menjadikan alam dalam hal ini tanah sebagai sumber kemakmuran masyarakat. Termasuk pula didalamnya pengelolahan pertanian, peternakan dan pertambangan. Kelas tuan tanah dianggap sebagai penghisap belaka sebab memperoleh hasil dengan tidak melakukan kerja pengolahan tanah. Kegiatan industri dan perdagangan dinilai tidak produktif karena kegiatan industri hanya mengubah bentuk dan sifat barang. Dan kelas pedagang tugasnya hanya memindahkan tempat barang yg satu ketempat yang lain.
• Karena itu Quesnay menganjurkan agar kebijakan2 pemerintah lebih mendukung dan meningkatkan taraf hidup kaum tani.
• Dengan dasar pandangan inilah kaum merkantilisme yg menganggap bahwa sumber kemakmuran Negara adalah hasil perdagangan luar negeri dianggap sebagai suatu pandangan yang keliru bagi kaum fisiokrat. Kaum fisiokrat juga mengkritik kaum merkantilis yang menciptakan berbagai macam regulasi kebijakan perdagangan yang seharusnya di bebaskan dari control. Kaum merkantilis dituduh penyebab harga tinggi dan pajak tinggi.
– Kenapa pemikiran ini dianggap “Mahzab/ aliran”, karena pda saat inilah Quenay telah menyusun pemikiran tentng ekonomi yang lebih maju, dengan bentuk pol dan garis pemikirannya sudah tersusun dlam kerangka dasar analisis tertentu mengenai gejala2, peristiwa2 dan masalah2 ekonomi yg dihadapi oleh masyarakat.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda